Profil Peraih Nilai Unas SMA IPS Tertinggi se Jawa Timur

  • Share
Anggita Naluriza Rahmawati, Siswi SMAN 1 Taman Peraih NUN Tertinggi IPS Se-Jawa Timur

Tahun 2012 bisa dibilang tahun emas bagi dunia pendidikan di Sidoarjo. Betapa tidak, ditahun inilah para pelajar SMA-nya menorehkan tinta emas dibidang Nilai Ujian Nasional (NUN) baik tingkat propinsi maupun nasional. 
3
Kedua siswinya berhasil meraih peringkat pertama di program IPS se-Jawa Timur, dialah Anggita Naluriza Rahmawati, siswi SMAN 1 Taman dengan nilai UN 57,20. Sedangkan Fajrin Pradita Wina siswi SMAN 1 Sidoarjo meraih peringkat II dengan nilai 58,45 untuk program IPA. Bahkan ditingkat nasional dalam kategori seluruh program jurusan, Fajrin Pradita Wina juga berhasil menduduki peringkat kelima.
Begitu juga, ketiga siswa lainnya Kiki Agrivita Safitri, Winda Amalia Herdianti keduanya dari SMAN 1 Sidoarjo serta Gifari Zulkarnaen dari SMAN 1 Taman juga masuk dalam daftar 20 besar peraih nilai UN 2012 se-Indonesia. Ini membuktikan pelajar tingkat SMA sederajat Sidoarjo ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, mereka telah mampu mengukir prestasi pada Ujian Nasional (UN) 2012 dengan nilai yang memuaskan.
2
Jadi Akuntan
1
Nilai tertinggi hasil Ujian Nasional (Unas) jurusan IPS se-Jawa Timur diraih Anggita Naluriza Rahmawati, siswa SMAN 1 Taman Sidoarjo. Anggita siswa kelas 12 IPS 3 ini meraih nilai Unas 57,20.
Mengaku suka mata pelajaran matematika dan akuntasi, Anggita bercita-cita menjadi akuntan setelah lulus perguruan tinggi nanti.Dia mengaku tidak punya resep belajar secara khusus.
"Belajar biasa saja. Jelang Unas ya banyak otak atik soal-soal Unas," ucap  Anggita yang beralamat rumah di Perumahan Graha Permata Sidorejo Indah F-20 di Desa Sidorejo Kecamatan Krian.
Awalnya Anggita mengaku belum tahu nilai Unas yang dicapainya. Dia hanya diberitahu Kepala Sekolah SMAN 1 Taman, Drs. H. Panoyo, M.Pd.,  melalui hubungan telepon, pukul 14.00 WIB.

"Saya kaget tiba-tiba pak Panoyo telepon tanya-tanya alamat rumah saya segala," ucap Anggita dengan mata berbinar saat ditemui PENA di sekolahnya. Saat itu (ketika ditelepon Kepala Sekolah SMAN 1 Taman) Anggita sempat galau, malah takut kalau ada apa-apa dengan nilai UN-nya. “Tapi, alhamdulillah malah hasil terbaik yang saya dapatkan,” ujar cewek yang murah senyum ini.  
4
Anggita juga belum percaya jika hasil Unas-nya disebut-sebut menduduki urutan teratas nilai Unas IPS se-Jawa Timur. Meski demikian, dia mengaku sangat bersyukur dengan nilai Unas yang diraihnya. 
"Ya kaget campur senang,"cetus anak kedua pasangan Djoko Wuriatno (almarhum) dan Dra. Suryawati ini. Saat hari Senin (28/05) melihat langsung nilai Unasnya di sekolah barulah dia percaya kalau nilainya memang benar-benar tinggi. “Alhamdulillah, ini semua tak luput dari bimbingan bapak ibu guru serta doa bunda yang selama ini selalu memberi dukungan mental bagi saya,” tutur Anggita yang tak henti-hentinya berucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas prestasi yang diraihnya ini. 
Apa rencana Anggita setelah lulus Unas SMA ini? Dia mengaku sedikit kecewa manakala mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan tidak diterima di dua PTN yang dipilihnya. Lewat jalur itu, Anggita memilih Universitas Negeri Surabaya dengan memilih jurusan Akutansi dan Universitas Airlangga dengan memilih jurusan Ekonomi Pembangunan.
Kenapa memilih dua jurusan itu? Anggita mengaku bercita-cita ingin menjadi akuntan saat lulus perguruan tinggi kelak. Sejak duduk di bangku SMP, dia bercita-cita jadi akuntan dan suka dengan mata pelajaran matematika. 
5
Karena jalur undangan tidak diterima, Anggita akhirnya mengikuti SNMPTN jalur ujian tulis dan dia sangat berharap bisa diterima dijalur ujian tulis ini. Minat dan niat Anggita untuk bisa  masuk ke jurusan ini sudah didamba sejak dulu.
"Karena itu meski saat kenaikan kelas XI bisa masuk jurusan IPA, dia lebih memilih jurusan IPS karena ada pelajaran akutansi-nya," imbuh Suryawati, bunda Anggita yang menjadi guru di SMA Hang Tuah 1 Surabaya.
Alumni SMPN 1 Taman ini mengaku apa yang diraihnya tidak terlepas dari peran bundanya yang selalu rajin memberikan motivasi agar Anggita meraih yang terbaik. "Guru-guru juga ikut andil dengan hasil yang saya raih ini," tandasnya.
The Best Ten
Tatkala nama Anggita Naluriza Rahmawati masuk dalam peringkat teratas peraih NUN SMA jurusan IPS, hampir semua bapak ibu guru pendidiknya tidaklah heran. Mengapa? Karena Anggita sudah dikenal sebagai murid yang pandai dikelasnya. “Hampir setiap semester , Anggita ini menduduki peringkat 10 besar dan terbukti dia bisa masuk SNMPTN jalur undangan,” tutur Fatma Mustati’ah,S. Pd., wali kelas Anggita di kelas 12 IPS 3.
Selain pintar, Anggita bisa dibilang murid yang cenderung pendiam. “Walau pendiam, Anggita ini murid yang cepat akrab dengan orang yang baru dikenalnya juga murah senyum,” kata Endang Darwati, S.Pd., guru Bimbingan Konseling Anggita di kelas 12 ini.
Mengetahui siswanya ada yang berprestasi di tingkat propinsi dan nasional, kepala SMAN 1 Taman, Drs. H. Panoyo, M.Pd., mengaku senang, bangga dan bersyukur. “Saya yakin ini merupakan ahsil kerja keras kami serta kegigihan Anggita dalam menuntut ilmu. Dan tak lupa ini juga barokah doa yang dipanjatkan baik dari guru-guru, orang tua juga Anggita sendiri. Alhamdulillah kami bisa memberi warna indah di tingkat propinsi,” urai Drs. H. Panoyo, M.Pd. YUS


Data Pribadi
Nama                           : Anggita Naluriza Rahmawati
Nama akrab                 : Anggita
Tempat tanggal lahir      : Sidoarjo/23 Januari 1994
Anak ke 2 dari 2 bersaudara
Nama Ayah                 : Djoko Wuriatno (alm)
Nama Ibu                    : Dra. Suryawati
Alamat rumah              : Perumahan Graha Permata Sidorejo Indah F-20 Desa Sidorejo, Kecamatan Krian    
Cita-cita                      : Akuntan
Prestasi                        : Peringkat I Peraih NUN SMA IPS tertinggi se Jawa Timur 57,20
Nilai UN                     : Bahasa Indonesia : 9,80
                                     Bahasa Inggris: 9,20
                                     Matematika: 10
                                     Ekonomi: 10
                                     Sosiologi: 9,60
                                     Geografi: 8,60.
Hobi                            : Membaca

Caption:
1.      Anggita bersama Dra. Suryawati (ibu, kiri) dan Drs. H. Panoyo, M.Pd. (Kepala SMAN 1 Taman/kanan)
2.      Anggita bersama bunda tersayang.
3.      Anggita berfoto dengan Fatma Mustati’ah, S.Pd.
4.      Anggita saat melihat kelulusan di sekolah.
5.      Anggita berfoto dengan guru Bimbingan Konseling. (foto-foto:Yupiter Sulifan)

0 komentar:

Posting Komentar