Makalah Komputer - Edubuntu

  • Share
            Kata  Pengantar

            Kami ucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan rahmat-Nya kita dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Dengan adanya makalah ini kami ingin memberitahukan  kepada para pelajar dan masyarakat tentang program edubuntu. Dengan adanya makalah ini kami berharap dapat menambah ilmu dan wawasan kita agar dapat memahami serta menjalankan program edubuntu dengan lancar.
            Kami juga berharap dengan adanya makalah ini dapat membuka pengetahuan para pelajar serta membangkitkan semangat baru untuk belajar lebih jauh mengenai teknologi yang ada di negara kita.
Sehingga, dengan adanya semangat para pelajar harapan kita untuk menjadi negara yang naju dapat terlaksana. Oleh karena itu, semoga makalah yang kami buat dan jauh dari sempurna dapat bermanfaat bagi kita semua. Kami mengucapkan banyak terima kasih.




                                                                                                                                    Tim  Penyusun




























i

Bab I
PENDAHULUAN
                                                                                 
I.I  Latar Belakang

            Edubuntu adalah distro Linux yang dirancang untuk depergunakan dalam ruang kelas. Edubuntu  merupakan singkatan dari akronim bahasa inggris education ubuntu, yang terjemahan kira-kira “pendidikan untuk semua orang”. Edubuntu merupakan varian dari ubuntu yang programnya bermacam-macam variannya dan dijadikan satu. Edubuntu mencakup program Linux Terminal Server Project (LTSP) dan mengemas dalam jumlah besar aplikasi mendukung pendidikan seperti, Gcompris, KDE Edutainment Suite, Tux4Kids, Schooltool Calender dan OpenOffice.org.
Edubuntu merupakan sistem operasi Linux yang lengkap, bebas dan didukung sepenuhnya oleh komunitas.

I.II  Tujuan

          Ada pula tujuan dari dibuatnya program Edubuntu, antara lain :
a)      Agar para pengajar yang memiliki keterampilan teknis masih terbatas mampu membangun sebuah lab.komputer atau mendirikan lingkungan belajar online.
b)      Untuk memenuhi kebutuhan komputasi serverworkstation.
c)      Membantu di bidang pendidikan.
d)     Untuk membuat proyek dan laporan.
e)      Untuk memberikan informasi tentang seluruh tiruan alam, dll.



















1
BAB 2
EDUBUNTU
2.1  Gcompris







         





            Gambar di atas nerupakan tampilan dari (Gcompris) yang merupakan salah satu program dari edubuntu. Program ini merupakan salah satu permainan / hiburan dalam program edubuntu.
Dalam program ini, terdapat 8 macam permainan yang dapat menghibur kita. Yang pertama adalah permainan colour,saund dan memory.








Gambar di atas adalah permainan mengingat musik,untuk mengingat suara musik yang di mainkan komputer.Cara memainkannya adalah kita mendengarkan suara musik yang dimainkan komputer,kemudian kita mengulang suara tersebut.
 







Gambardi atasadalm permainan mencari jalan keluar.Dalam permainan ini,kita dituntut untuk dapat menemukan jalan keluar dari labirin.Apabila kita berhasil menemukan jalan keluar levelnya akan naik.


2










Gambar diatas,adalah permainan menyusun bentuk benda.Cara memainkannya adalah kita diberi contoh sebuah bentuk kereta yang terdiri dari beberaoa bagian yang berbeda,dan kita disuruh menyusun yang sama.











Gambar diatas,adalah sebuah permainan yang didalamnya kita dapat mendengarkan suara,dan mencocokannya dengan benar.









Gambar di atas,adalah sebuah permainan yang didalamnya kita disuruh mencocokan agar sepasang gambar itu sama.Apabila gambar itu tidak sama maka gambar yang pertama kita buka akan tertutup lagi.Dan masih banyak lagi permainan di dalam edubuntu.




.......................................





3
2.2  Kalzium















Gambar di atas adalah tabel periodik kimia yang terdapat dalam kalzium.Jadi kita dapat menggunakan tabel kalzium untuk mempermudah dalam menghitung senyawa kimia.


























4
2.3  Kanagram











Gambar di atas,adalah tampilan dari gambar kanagram,dalam permainan ini kita dusuruh menyusun kata-kata yang acak menjadi sebuah kata yang benar,dan kata itu menggunakan bahasa inggris.































5

2.4  KBruch

















           
Gambar di atas,adalah aplikasi Kbruch fungsinya untuk mengasah kemampuan kita di bidang matematika.Dalam program ini,kita dapat menghitung bilangan pecahan,dan membandingkan besar kecilnya bilangan pecahan.






















6

2.5  Keduca 












Gambar di atas,adalah untuk membuat pertanyaan atau soal.Gambar di atas,adalah tampilan dari Keduca.Fungsi keduca untuk membuat soal.Misalnya saja untuk membuat soal ulangan.


























7
2.6 KhungMan
Text Box:












Gambar diatas adalah tampilan dari KhungMan.Dalam permainan ini kita disuruh untuk menebak kata-kata dari gambar yang ditampilkan.

















8

BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Jadi kesimpulannya, edubuntu sangat berguna dan sangat membantu kita para pelajar untuk mempermudah dalam belajar.Edubuntu juga program tambahan dari ubuntu.Yang program aplikasinya sangat lengkap.Biayanya pun tidak terlalu mahal.Edubuntu memiliki keuntungan seperti beberapa programnya dapat terbaca di program Windows.Dan datanya pun dapat terbaca di program Windows. 

3.2  Saran
Saran dari kita adalah:
  1. Agar masyarakat dapat memanfaatkan program edubuntu dengan baik.
  2. Agar para pelajar lebih mengetahui manfaat dari edubuntu.
  3. Agar program edubuntu lebih dikembangkan.

0 komentar:

Posting Komentar